pantai Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadi kawasan minapolitan.




SUKABUMI (Pos Kota) – Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Fadel Muhammad mencanangkan pantai Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadi kawasan minapolitan.
Tujuannya, untuk menyejahterakan mayarakat kelautan dan perikanan, khususnya nelayan.
Demikian disampaikan mantan Gubernur Gorontalo tersebut pada sambutan perayaan puncak hari Nelayan Palabuhan Ratu ke-50 di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhan Ratu, Selasa (6/4) siang.
Untuk mewujudkan konsep minapolitan, Kementerian Kelautan dan Perikanan akan mengucurkan dana sekitar 25 Miliar dari total kebutuhan sekitar Rp 1,2 triliun. Maka itu, menurut Fadel untuk mewujudkan minapolitan agar diambil beberapa langkah strategis.
“Ada enam persyaratan dalam membangun kawasan minapolitan. Antara lain adanya komitmen daerah, komoditas unggulan dan lainnya. Nah, Pantai Palabuhanratu ini sangat berpotensi untuk menjadi minapolitan,” tegasnya kepada sejumlah wartawan.
Dengan dibangunnya minapolitan, ke depannya akan ada sentra-sentra produksi dan perdagangan komoditas kelautan dan perikanan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menegaskan pihaknya tengah merencanakan pembangunan minapolitan ini di enam daerah, salah satunya di Pantai Palabuhan Ratu. Menurutnya, untuk mewujudkan minapolitan pihaknya siap membantu.
“Sebab, nantinya dengan konsep minapolitan diharapkan kesejahteraan nelayan dapapat terdongkrak,” ujarnya.
Bupati Sukabumi, Sukmawijaya menyambut baik pencanangan minapolitan. Hanya, diakui Sukma ada beberapa kendala untuk mewujudkan hal itu.
“Salah satunya untuk pembebasan lahan sekitar 100 hektar. Untuk itu, kami mohon kepada pak menteri akan membantu penyelesaian tersebut,” tegasnya. (sule/dms)
KETERANGAN FOTO : Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Fadel Muhammad, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Bupati Sukabumi, Sukmawijaya dalam acara pencanganan minapolitan di Pantai Palabuhanratu. (sule)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels